Grab the RSS feed

Loksado

Perjalanan saya kali ini adalah menuju Kalimantan Selatan. Destinasi pertama yang saya tuju adalah kawasan wisata alam loksado.  Saya akan coba berbagi tentang Loksado pada kalian. Enjoy!



Loksado adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Hulu Sungai Selatan yang memiliki wajah hijau alami. Pepohonan tumbuh dengan rimbun membuat udara begitu bersih dan layak untuk dinikmati, Salah satu spot paling wajib dikunjungi  jika berada di Loksado adalah sungai amandit. Sungai yang masih bersih ini memiliki tingkat keasrian yang maha keren. Tak akan rugi jika kalian merogoh kocek ratusan ribu untuk dapat lebih dekat menikmati ke maha kerenan sungai ini, salah satu caranya adalah rafting. Namun bagi saya rafting dengan menggunakan perahu karet mungkin sudah biasa tapi di Loksado kalian bisa merasakan sensasi rafting yang lebih tradisional. Yap, bamboo rafting namanya.  Cukup membayar Rp. 250.000  untuk sewa Balanting/balabuh/rakit dan jasa joki rute Loksado-Tanuhi kurang lebih 2,5 jam kalian akan berseru-seru ria diatas balanting. Satu balanting bisa muat untuk  empat  orang termasuk joki, jadi kalian bisa sharing cost untuk menekan biaya. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi segarnya air amandit, hijaunya pepohonan, lalu bambu-bambu yang tumbuh subur disekitaran, ditambah serunya kala balanting melewati jeram. Pokoknya sampai gila kalian berada di balanting, rasanya tak mau turun dan pemandangannya maha keren bro. 

Setelah gila 2,5jam diatas balanting, saatnya menyaksikan keelokan Loksado yang berikutnya yakni air terjun haratai. Jika kalian finish di Tanuhi menuju air terjun haratai dapat di tempuh dengan menggunakan ojek. Selama di perjalanan lagi-lagi kalian akan disuguhi warna hijau yang kuat mendominasi. Selain pohon-pohon rimbun kalian juga dapat melihat sawah-sawah yang dikelola suku dayak Meratus sekaligus perkampungan warga dayak meratus. Selain bertani mata pencaharian warga adalah menjual kayu manis yang mereka ambil dari hutan dan dikeringkan didepan rumahnya. Katanya kayu manis ini nikmat sekali jika dibuat teh, tapi saya belum pernah mencoba dan suatu saat saya akan mencobanya. Medan yang dilalui selama perjalanan menuju air terjun memang menanjak sesekali membelok dan hanya setapak kadang penumpang harus turun kala motor melewati jembatan yang hampir rapuh tapi semua tidak jadi masalah karena pemandangan sepanjang perjalanan benar-benar hijau bro. Tak lama kalian akan mendengar suara alam yang bersatu dengan suara percikan air terjun, dan itulah haratai. Suasananya asri, irama alamnya damai yang jelas air terjun haratai ini. Incredible.



Saatnya relaksasi. Pastinya kalian lelah berjam-jam bermain dengan dingin, tapi tenang Loksado itu destinasi yang bertanggung jawab. Loksado tak akan membiarkan traveller yang berkunjung menderita kedinginan. maka dari itu disediakan objek pemandian air panas Tanuhi. Menuju Tanuhi dapat menggunakan jasa ojek. Lagi-lagi ojek. yap, karena memang transportasi yang ada hanyalah ojek. Masuk dikawasan pemandian air panas kalian akan dikenakan biaya Rp.5.000 per orang, dan bersantailah. Nikmati hangatnya air tanuhi, renggangkan urat-urat yang menegang sembari mengingat kisah keren sedari tadi. Pejamkan mata, nikmatilah dan rasa lelah akan hilang sempurna. Enjoy Loksado.


Note :
*Sedikit saran dari saya jika memang hendak mengunjungi banyak spot sebaiknya kalian mencarter tukang ojek dan nego ongkos di awal.
disungai Amandit banyak pilihan rafting, dari yang menggunakan perahu karet, ban donat dan balanting.
*Kalian dapat menghubungi nomor ini 085251700148 (Papa Jermandi) untuk informasi penginapan, balanting, balai adat, ojek dlsb.

0 komentar:

  •